Jakarta, Selular. ID – Line memungkinkan penggunanya pada iPad untuk login tanpa memakai password dan menggantinya dengan autentikasi biometrik di ponsel mereka.

Fitur baru ini menggunakan standar FIDO sehingga dapat menghilangkan kebutuhan menggunakan kata kunci, menekan kemungkinan login dari pihak yang tak diinginkan, dan menambah tingkat keamanan serta kenyamanan menggunakan penerapan Line.

​Disampaikan mencuaikan keterangan resmi, Line selalu mendahulukan perlindungan informasi pribadi pengguna dan berkomitmen untuk terus mengedepankan kemahiran login sebagai salah satu kunci dalam meningkatkan kenyamanan dari pengalaman pengguna. Untuk itu, ​Line berbaur dengan FIDO Alliance sebagai board member pada tahun 2017 lalu.

Pada 2019, Line telah mengimplementasikan autentikasi FIDO22 pada layanann Line Pay. Dan berangkat pekan ini, pengguna Line juga bisa menggunakan autentikasi biometrik FIDO untuk login ke dalam penerapan Line di iPad.

  1. Agar pengguna bisa memakai autentikasi biometrik untuk Line dalam iPad, pengguna pertama kali harus mendaftarkan informasi biometrik di hp mereka dan menghubungkannya ke akun Line.
  2. Pengguna kemudian bisa membuka aplikasi Line dalam perangkat iPad mereka, memverifikasi bagian telepon, dan mengetuk “Log in with smartphone” guna memasangkan iPad dengan ponsel.
  3. Setelah itu, pengguna hanya perlu mendaftarkan instruksi di ponsel mereka supaya prosesnya selesai.
  4. Ketika masuk ke dalam aplikasi Line untuk pertama kalinya, pengguna hendak diminta untuk memverifikasi indentitas secara menggunakan 6-digit nomor verifikasi dengan ditampilkan di layar ponsel.

Mulai tahun itu, pengguna bisa melakukan sign in ke Line versi desktop tanpa kata kunci dengan menggunakan data biometrik yang tersimpan di di dalam ponsel mereka.

Autentikasi biometrik juga bisa digunakan untuk memindahkan akun Line dan menyelundup ke dalam berbagai layanan Line mulai tahun depan sehingga sanggup memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.