Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Jakarta, Selular.ID – SES, penyedia solusi untuk konektivitas konten yang didukung satelit meluncurkan konstelasi satelit O3b mPOWER next-gen miliknya di Indonesia.

Keberadaan satelit menjadi penyempurna bagi bangunan jaringan berbasis terestrial, fiber broadband, serta cable links yang sudah ada, karena sifat jangkauan satelit yang luas serta memungkinkan untuk digelar dengan cepat.

“Tidak saja mampu menghadirkan konektivitas hingga ke mil-mil terakhir di wilayah-wilayah pelosok, namun kehadiran satelit mampu meningkatkan resiliensi dan keandalan jaringan. Ini menjadi krusial terlebih dengan komitmen bangsa dalam menghadirkan dukungan konektivitas terbaik di tengah makin sengitnya percaturan perekonomian digital saat ini. Kami merasa terhormat sekaligus bangga dapat memperkenalkan solusi konektivitas konten yang berbasis satelit di Indonesia.” tutur Harsh Verma, Sales Director, Asia for Fixed Data SES.

Baca juga: Satelit Satria-1 Peroleh Pinjaman Rp2,1 Triliun Melalui AIIB

Di Indonesia sendiri, SES, bersama Teleglobal, terus berkomitmen dalam mendukung upaya bangsa memupus kesenjangan digital, mempercepat terwujudnya inisiatif pemerintah dalam memperkuat pembangunan broadband, serta dalam menghadirkan layanan digital esensial bagi seluruh masyarakat di nusantara. Hingga hari ini, baru sekitar 73,7 persen masyarakat Indonesia yang memiliki akses internet.

Untuk mempercepat terwujudnya inklusivitas digital di seluruh Indonesia, serta dalam upaya mendukung tuntasnya proyek-proyek BAKTI memenuhi kebutuhan konektivitas hingga di wilayah-wilayah perdesaan, “SES juga telah membangun dua gateways yang terletak di dalam wilayah negara, yakni di Cikarang dan Jakarta, dengan kapasitas yang berlipat-lipat dalam satuan Gbps, melalui peluncuran SES-12 yang telah lalu,” kata Verma.

Selain berhasil mendukung konektivitas sebanyak 1.114 terminal jarak jauh ke jaringan, layanan ini mampu mendukung bangsa dalam menghadirkan akses internet bagi sekolah-sekolah, rumah sakit-rumah sakit, hingga lembaga-lembaga pemerintahan setempat di area perdesaan Indonesia, baik melalui koneksi 3G, hingga Wi-Fi.

Baca juga: Ditargetkan Beroperasi November 2023, Ini Persiapan Ruang Kendali Satelit Satria

Kemudian satelit baru ini hadir sebagai dukungan sekaligus menjawab kebutuhan sektor publik dalam upaya mereka mewujudkan komitmen kepada masyarakat untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan infrastruktur digital maupun pertumbuhan ekonomi digital.

Ini selaras dengan visi Indonesia 4.0 menjadi negara maju yang tumbuh berbasiskan riset dan inovasi serta menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital dunia pada tahun 2045.