Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Jakarta, Selular.ID – Membuat konten video saat ini menjadi hobby baru bagi orang-orang. Mulai dari konten video make up, daily activity, memasak, review smartphone, dan lain sebagainya.

Biasanya, dalam menunjang pembuatan konten video, diperlukan kamera profesional yang harganya bisa dibilang bikin menjerit isi dompet. Sebagian orang sebenarnya tak masalah akan hal itu. Tetapi sekarang, banyak juga beberapa orang yang tak mau ribet dalam penggarapan konten Vlogging.

Smartphone yang dilengkapi dengan kamera canggih, baterai besar dan awet, chipset kuat, memori internal luas, serta layar lega, dirasa sudah merupakan paket komplit untuk digunakan dalam membuat konten Video.

Baik para konten kreator pemula ataupun senior, saat ini banyak yang mengincar smartphone dengan komposisi di atas untuk alternatif pengganti kamera vlogging profesional. Nah, kali ini, team Selular akan merangkum 5 smartphone terbaru yang cocok untuk membuat konten foto ataupun video. Langsung saja, berikut kami sajikan untuk Anda.

Rekomendasi Smartphone Baru Buat Vlogging, Harga Mulai Rp5 Juta :

  • Oppo Reno6
  • Vivo V21 5G
  • Samsung Galaxy M62
  • Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
  • Black Shark 4
  • Oppo Find X3 Pro 5G
  • Xiaomi Mi 11 Ua
  • Samsung Galaxy Note20 Ua 5G RAM 12GB

Baca juga:Selain Vivan, Ini 4 Rekomendasi Powerbank 10.000mAh dengan Harga Terjangkau

1. Oppo Reno6

Rp. 5.199.000

Rekomendasi yang pertama ada Oppo Reno6. Smartphone yang mengunggulkan sektor kamera ini, memiliki empat kamera belakang beresolusi 64MP, lensa wide 8MP, lensa makro 2MP dan lensa mono 2MP. Untuk kamera depannya, ia memiliki resolusi  sebesar 44MP.

Salah satu hal menarik yang ditonjolkan dari series Reno6 ini ialah tersematnya fitur video Bokeh Flare Potrait Video, yang memberikan efek bokeh sinematik pada video dan AI Highlight Video yang telah ditingkatkan. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap, menyunting, dan berbagi video kualitas profesional dengan mudah dan cepat.

Lebih lanjut, kamera Oppo Reno6 juga telah mengalami peningkatan siginifikan pada algoritma Oppo Image-clear Engine. Ponsel cerdas ini juga mendukung fitur Ua-clear 108MP Image, sehingga mampu menghasilkan foto dengan detail yang tajam.

Tak hanya sektor kameranya yang dipoles dengan apik, Oppo juga memperkuat dapur pacu series Reno6 ini dengan membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB.

Seperti series Reno lainnya, Oppo Reno6 memiliki desain yang menawan dan mewah. Untuk versi Indonesia, series Reno6 memiliki dua varian warna, yakni Aurora dan Stellar Black. Berkat balutan Diamond Spectrum, Oppo Reno6 Aurora menciptakan efek visual yang selalu berubah dan menghadirkan jutaan warna pada satu perangkat. Sementara itu, Stellar Black menambahkan detail berkilau halus ke warna hitam klasik.

Keunggulan lainnya yang dibawa oleh smartphone anyar ini ialah layar AMOLED 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz, serta baterai besar berkapisatas 4310 mAh dengan dukungan pengisian cepat 50W, sehingga perangkat mampu terisi daya 100% hanya dalam waktu 45 menit.

2. Vivo V21 5G

Rp5.799.000 ( 8GB + 128GB )

Vivo akhirnya resmi merilis smartphone seri V terbaru di Indonesia, yakni Vivo V21 5G. Selain konektivitas 5G, perangkat ini juga didukung teknologi Dual OIS Night Camera dan ua slim matte design.

Disebut-sebut, Vivo V21 5G menjadi smartphone pertama yang menggunakan fitur tersebut. Fitur tersebut juga mendukung kedua kamera pada smartphone ini, baik kamera depan maupun kamera belakang. Dengan ditenagai oleh Optical Image Stabilization (OIS), yang akan menangkap foto dan video dengan hasil stabil dan jernih.

Tak hanya itu, kedua kamera juga memiliki kemampun Ua Stable Video yang menggabungkan teknologi OIS dan EIS (Electronic Image Stabilization), sehingga hasil video lebih stabil karena berfokus pada objek.

Kemudian, seri ini didukung oleh kamera selfie terdepan, desain ramping, hardware dan software yang kuat. Vivo V21 5G sendiri hadir dengan tiga kamera utama yakni 64MP, 8MP multi-mode yang digunakan untuk memotret super wide-angle dan bokeh, serta kamera makro 2MP.

Sementara untuk kamera selfie Vivo V21 5G, ia dibekali oleh lensa 44MP. Kedua kamera baik depan maupun belakang sudah didukung teknologi OIS (optical image stabilization) dan EIS (electronic image stabilization).

Hadir dengan varian warna Dusk Blue dan Sunset Dazzle, smartphone ini mengusung desain dual tone step untuk membuat kamera menyatu dengan bodi. Sentuhan luar menggunakan AG Glass Mate untuk mengurangi bekas jari di bodi belakang.

Vivo V21 5G sendiri hadir dengan desain ua slim matte glass. Perangkat ini bahkan diklaim sebagai smartphone 5G paling tipis di Indonesia saat ini,yakni hanya 7,29mm.
Layar perangkat ini menggunakan jenis AMOLED dengan refresh rate 90Hz yang memiliki water drop notch.

Spesifikasi dari smartphone ini yaitu Vivo V21 5G didukung Funtouch OS 11.1 berbasis Android 11 dengan fitur Jovi Home yang mendukung aktivitas, UFS 2.2 untuk peforma baca dan tulis data yang lebih cepat,
Terakhir, ponsel 5G ini juga ditenagai baterai berkapasitas 4.000 mAh dan fast charging 33 W. Fitur lainnya yang dihadirkan adalah jaringan 5G, hybrid dual SIM, slot Micro SD tambahan yang menggunakan satu slot SIM, USB-C, sensor fingerprint dalam layar.

3. Samsung Galaxy M62

Rp5.999.000

Samsung Galaxy M62 hadir dengan berbekal baterai 7.000mAh yang paling besar di kelasnya dengan pengisian cepat sebesar 25W. Lalu, handset ini juga telah ditopang chipset Exynos 9825 dan memori sebesar  8GB + 256GB.

Ponsel yang hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Black, Blue, dan Green ini, mengusung layar 6,7 inci FHD+ Super AMOLED Plus Infinity-O. Tak lupa, ponsel ini juga ditenagai oleh prosesor Octa-Core Exynos 9825 dengan fabrikasi 7nm EUV.

Beranjak ke soal kamera, Samsung Galaxy M62 meluncur dengan membawa teknologi Quad Camera yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera Uawide 12MP, kamera Depth 5MP, serta kamera Macro 5MP yang serba guna untuk pengguna yang punya passion di bidang fotografi, kreasi konten kekinian, serta menangkap berbagai momen berharga setiap waktu dengan hasil yang sangat memuaskan.

4. Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Rp8.999.000 ( 8GB + 128GB )

Rp9.999.000 ( 8GB + 256GB )

Rekomendasi selanjutnya masih datang dari keluarga Samsung tetapi, yaitu Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon. Smartphone ini mengusung pro-grade camera, tiga di bagian belakang (12MP Ua Wide Camera + 12MP Wide-angle Camera + 8MP Telephoto Camera) dan kamera selfie 32MP.

Adanya fitur-fitur seperti 30x Space Zoom, Night Mode, dan Single Take juga akan semakin memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk mengabadikan momen di berbagai kesempatan. Di Galaxy S20 FE Snapdragon, konsumen juga dapat merasakan fitur HDR10+.

Samsung Galaxy S20 FE memiliki layar Super AMOLED dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi 1080×2400 dengan dukungan refresh rate 120Hz. Kemudian, didukung juga dengan prosesor Snapdragon 865 dan baterai 4.500 mAh yang memungkinkan pengguna dapat memainkan smartphone untuk menjalankan berbagai komputasi gaming tanpa lag dan kapasitas baterai besar yang bisa diandalkan selama seharian.

Tidak ketinggalan, fitur IP68 Water Resistant semakin melengkapi pengalaman premium Galaxy S pada Galaxy S20 FE untuk menahan air dan debu.

5. Black Shark 4

Rp10.999.000

Jika Anda mencari smartphone gaming yang juga bisa dijadikan alternatif untuk membuat konten video, Black Shark 4 bisa menjadi opsi untuk Anda.

Smartphone gaming Black Shark 4 ini, hadir di Indonesia dengan membawa chipset Qualcomm Snapdragon 870 yang siap dengan jaringan 5G. Ponsel ini juga menyajikan fitur Kryo 585 CPU 3.2 GHz + Adreno 650 GPU, sampai dengan 12GB of LPDDR5 ram, dan menggunakan penyimpanan UFS3.1 sebesar 256GB. Berkat fitur-fitur tersebut, Black Shark 4 mampu mengatasi game-game yang membutuhkan performa paling kuat di pasaran sekarang.

Smartphone ini mengusung layar AMOLED 6.67 inci dengan rasio 20:9, dengan menawarkan refresh rate 144Hz, HDR 10+ dan DC dimming 4.0. Speaker stereo simetris DTS juga terbenam dalam ponsel ini.

Sebagai tambahan, jack headphone 3,5mm memberikan anda tambahan pilihan konektivitas yang dilewatkan oleh banyak top-end smartphone di pasaran. Baterai dual cell 4500mAh dengan pengisian cepat sebesar 120W Hyper Charge juga menjadi bekal pada smartphone ini.

Meski fokus di gaming, keunggulan lainnya juga tersedia di smartphone ini yaitu seperti kamera belakang dengan beragam fitur yang berkualitas tinggi, termasuk 48MP Ua HD f/1.8 kamera utama, 8MP HD f/2.2 wide angle lens dan 5MP f/2.4 untuk telephoto dan melengkapi ketiganya. Serta, kamera depan dilengkapi oleh 20MP Ua HD f/1.8 4-in-1 untuk selfie dengan mode AI beauty.

6. Oppo Find X3 Pro 5G

Rp15.999.000

Selanjutnya ada Oppo Find X3 Pro 5G. Perangkat yang merupakan perangkat kelas atas Oppo ini, ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888.

Hadir dalam dua pilihan warna yakni Black Glass dan Blue, smartphone ini dilengkapi dengan fitur 1 miliar warna, baik pada tampilan layar maupun kemampuan kamera ganda dalam menangkap gambar.

Smartphone ini dilengkapi oleh kapasitas RAM sebesar 12GB serta dilengkapi dengan ROM 256GB. Untuk daya baterai, smartphone ini didukung dengan kapasitas 4500 mAh. Ponsel ini juga mendukung pengisian daya cepat SuperVOOC 2.0 Flash Charging, dua kali lebih cepat dari fitur VOOC milik Oppo sebelumnya.

Oppo mengklaim bahwa baterai Find x3 dapat terisi 40 persen hanya dalam 10 menit. Sistem pengisian cepat tersebut telah mengantongi sertifikat keamanan dari TÜV Rheinland sehingga sudah teruji dan aman digunakan di berbagai negara.

Hebatnya lagi, tersemat juga  fitur pengisian super cepat nirkabel AirVOOC 30W yang dikatakan mampu mengisi daya baterai Oppo Find X3 Pro 5G hingga penuh hanya dalam waktu 80 menit. Selain itu, keberadaan teknologi 10W reverse wireless charging, memungkinkan pengguna juga dapat berbagi daya dengan sesama pengguna Oppo Find X3 Pro 5G.

Baca juga:Dua Entrepreneur Kuliner Terkemuka Kompak Trade-in Ponsel Samsung dan iPad Dengan OPPO Find X3 Pro 5G

Beralih ke kamera, pada bagian depan terdapat satu lensa dengan ukuran 32MP. Sementara itu di bagian belakang terdapat empat lensa. Keempat lensa tersebut adalah dengan 50MP untuk wide, 13MP telephoto, 50MP uawide, dan 3MP microscope.

Smartphone yang memiliki layar seluas 6,7 inci ini dilengkapi dengan berbagai inovasi 5G di kelasnya, seperti kecerdasan buatan (AI), fitur gaming, dan teknologi kamera yang akan mengubah perangkat smartphone premium. Sehingga, Oppo Find X3 Pro 5G bisa dijuluki sebagai ponsel cerdas multitasking dilihat dari kamera profesional yang berkualitas, asisten pribadi yang cerdas, serta performa gaming yang mutakhir.

7. Xiaomi Mi 11 Ua

Rp.16.999.000

Mi 11 Ua hadir dengan mendobrak standar fotografi dan videografi pada smartphone kelas flagship dan menempati line up teratas untuk segmen high-end.

Diperkuat oleh chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang sudah 5G, Mi 11 Ua hadir dengan konfigurasi kamera profesional triple pro-grade 50MP wide angle, 48MP ua-wide, dan 48MP telephoto menjadikannya smartphone yang menduduki puncak daftar kamera terbaik menurut DXOMARK. Juga, dilengkapi pula dengan kapasitas RAM 12GB +256GB.

Layarnya sendiri memakai E4 6,81 inci AMOLED Quad-curved DotDisplay dan menjadi smartphone pertama yang memiliki layar 1,1 inci AMOLED pada modul kamera belakang untuk menampilkan informasi sekaligus panduan mengambil gambar.

Tersemat pula dual speakers dengan setelan suara dari harman/kardon, serta baterai unggulan 5000mAh yang mendukung 67W turbo charging untuk pengisian daya menggunakan kabel dan nirkabel.

8. Samsung Galaxy Note20 Ua 5G RAM 12GB

Rp16.999.000 (12GB/256GB)

Rp18.999.000 (12GB/512GB)

Samsung Galaxy Note20 Ua 5G hadir dengan membawa pengembangan signifikan di segi RAM yang kapasitasnya kini mencapai 12GB. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu Mystic Bronze dan Mystic Black, smartphone ini memiliki RAM berkapasitas 12GB.

Kapasitas RAM yang besar pada varian terbaru ini diperkuat dengan teknologi RAM LPDDR5 yang mampu menciptakan performa mumpuni dengan pin speed hingga 6.400 Mbps dan transfer data mencapai 51,2 Gbps.

Performa yang gahar itu juga diimbangi dengan peningkatan kemampuan efisiensi daya sebesar 20% pada RAM LPDDR5 dibandingkan dengan pendahulunya yakni RAM LPDDR4X.

Smartphone terbaru Samsung ini, disokong oleh prosesor Exynos 990 yang mampu membawa pengalaman multimedia hingga gaming di level yang lebih tinggi. Dari sisi pembuatan konten, Exynos 990 mampu mendukung perekaman video 8K pada 24fps dan mengeditnya dengan efek bokeh.

Lebih lanjut, Exynos 990 juga memungkinkan layar untuk menjalankan refresh rate 120Hz dengan begitu smooth yang memberikan pengalaman visual terbaik, salah satunya saat bermain game.

Dari delapan rekomendasi smartphone baru harga mulai Rp5 jutaan yang cocok buat vlogging di atas, mana yang menjadi jagoan Anda? Semoga rekomendasi smartphone untuk vlogging yang sudah team Selular rangkum kali ini bisa menjadi opsi untuk Anda. Jangan lupa juga tonton video di bawah ini:

[embedded content]